Penutup

Hadirin yang saya muliakan,

Dalam salah satu proposal penelitian yang sedang saya ajukan tahun ini, pembelajaran   elektronik  yang  dapat   disesuaikan oleh  masing-masing siswa secara kustom dimungkinkan dapat terjadi karena keberadaan Big DataSemantic Web, dan Internet of Things. Perilaku setiap siswa dalam pembelajaran, konten pembelajaran  dalam setiap mata  kuliah, dan pustaka yang terkait dari berbagai situs di internet  akan  menjadi kolaborasi  proses  pembelajaran  yang menarik. Pustaka dengan  kualitas yang baik dimungkinkan untuk hadir di masing-masing akun  e-learning  siswa  secara  otomatis dengan  menyesuaikan  perilaku  siswa dan  mata  kuliah. Konektivitas informasi dari berbagai  sumber  di internet akan semakin  memudahkan siswa dalam memperkaya dan  memperdalam kualitas pembelajaran.

Melalui perangkat  elektronik yang cerdas,  mendukung mobilitas penggunanya, dan memudahkan dalam mengakses konten pembelajaran  yang disediakan oleh perguruan tinggi, siswa akan semakin fleksibel dalam belajar dan memperdalam suatu pengetahuan. Kolaborasi dan metode pembelajaran kolaboratif yang makin mudah diterapkan melalui perangkat cerdas, semakin memperkaya kualitas pembelajaran tanpa meninggalkan interaksi dengan sesama siswa.

Untuk itu  ke  depannya,  Perguruan  Tinggi harus  selalu bergerak  menemukan berbagai hal yang baru agar dapat menjadi pemimpin dari disruptive innovation atau adaptif menjadi bagian dalam perubahan yang radikal agar tidak tertinggal dan tergantikan oleh yang baru. Transformasi perguruan tinggi yang lebih baik, lebih mudah (termasuk dari sisi finansial), lebih sederhana, dan lebih nyaman merupakan usaha terus-menerus yang tidak boleh berhenti. Dengan begitu, Perguruan Tinggi dapat menjadi lingkungan yang terus berkembang dan menginspirasi semua warga di dalamnya.