KATA PENGANTAR

Pada awalnya, berkaitan dengan matakuliah Analisis Organisasi Pendidikan pada program pascasarjana Magister Ilmu Administrasi (MIA), konsentrasi Administrasi Pelayanan dan Administrasi Pendidikan, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, muncul ide dan semangat antara dosen (editor) dan mahasiswa untuk membukukan seluruh proses diskusi selama perkuliahan. Dalam perkuliahan ini juga dibahas tentang pola-pola pendidikan berbagai Negara. Rencananya akan diterbitkan lewat penerbit kampus UNDIP.

Pergantian semester demi semester yang ternyata dirasakan “terlalu cepat” oleh mahasiswa, menjadikan kami lupa dan baru setelah saya tidak memberikan kuliah lagi di MIA, -karena beralih ke program MIL (Magister Ilmu Lingkungan) di kampus yang sama-, naskah yang telah tersusun saya cermati lagi. Dan inilah hasilnya.

Sampai saat ini belum ada buku membahas tentang analisis dan pola organisasi pendidikan, padahal dunia pendidikan kita (Indonesia) sangat membutuhkannya sebagai acuan pengembangan pelayanan pendidikan, sertamerta juga untuk membandingkannya dengan beberapa contoh pola pendidikan baik di barat maupun Negara tetangga di Asia Timur.

Selaku editor saya mengucapkan terimakasih kepada rekan dosen Ibu Dra. Nina Widowati, M.Si serta para mahasiswa atas pokok pikiran, diskusi, tugas-tugas serta presentasi selama perkuliahan yang ternyata setelah dirangkum dapat membuahkan buku seperti ini.

Semarang, akhir tahun 2016

J.C. Tukiman Taruna

Editor