Kata Pengantar

Penulisan buku bertajuk UNIKA DALAM WACANA diluncurkan setiap tahun dalam rangkaian acara Dies Natalis Universitas Katolik Soegijapranata. Unika dalam Wacana merupakan “selebrasi” untuk para dosen yang telah menuangkan gagasan atau ide dalam ruang publik berupa tulisan di media masa. Sebagai selebrasi dapat dimaknai untuk mengabarkan kepada publik bahwa para dosen di Universitas Katolik Soegijapranata memiliki banyak gagasan untuk masyarakat luas dan juga untuk para pembuat keputusan di negeri ini. Selain itu juga menjadi bukti rasa bangga seluruh civitas akademika Universitas Katolik Soegijapranata atas lontaran gagasan koleganya yang ditujukan untuk khalayak luas.

Thema UNIKA DALAM WACANA tahun 2017 dalam rangka Dies Natalis ke-35 tahun, mengambil topik terkait Refleksi Karya Unika tahun 2016 Peduli, Aktif dan Bermakna. Judul yang dipilih untuk buku adalah MENEMUKAN MAKNA DARI IDE DAN GAGASAN. Judul tersebut sebagai suatu gambaran dari para penulis bahwa ide dan gagasan-gagasan yang tertuang merupakan refleksi mendalam untuk kebaikan dalam berbangsa dan bernegara – terutama untuk Tanah Air Indonesia ini.  Ide dan gagasan yang dituangkan merupakan cetusan bagaimana segala sesuatunya agar menjadi baik dalam berkomunitas, berbangsa dan bernegara. Hal itulah yang menjadi dasar menemukan arti dan makna mencintai tanah air ini – Talenta pro Patria et Humanitate.

Menyimak buah pikir para kolega yang tertuang dalam buku ini – dalam satu untaian ide atau gagasan dan makna yang tertangkap, diharapkan memunculkan ide dan gagasan baru untuk hal terkait agar terjadi kesinambungan ide dan gagasan itu sendiri. Semoga juga menginspirasi. Terimakasih.

Semarang, Agustus 2017

Editor